Cara Menjual Foto di Shutterstock

Apa itu Shutterstock?

Shutterstock

Shutterstock merupakan salah satu platform fotografi yang memungkinkan fotografer untuk menjual dan mendistribusikan foto-foto mereka kepada klien di berbagai belahan dunia. Dengan adanya Shutterstock, fotografer akan memiliki kesempatan untuk memperoleh penghasilan dari karya-karya fotografi yang mereka hasilkan.

Shutterstock didirikan pada tahun 2003 oleh Jon Oringer. Platform ini sangat populer di kalangan fotografer profesional dan amatir karena menawarkan kesempatan yang luas untuk menjual dan menghasilkan uang dari foto-foto yang mereka ambil. Selain itu, Shutterstock juga menyediakan berbagai macam jenis foto, ilustrasi, video, dan musik yang dapat digunakan oleh klien untuk berbagai keperluan seperti desain grafis, iklan, presentasi, dan lain sebagainya.

Dengan keberadaannya yang banyak digunakan oleh klien dari berbagai bidang, Shutterstock menjadi salah satu platform terbesar dalam industri fotografi dan memiliki jutaan foto dan video yang tersedia untuk dijual. Oleh karena itu, menjadi fotografer Shutterstock dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Bagaimana Cara Menjual Foto di Shutterstock?

Cara Menjual Foto di Shutterstock

Untuk dapat menjual foto di Shutterstock, Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut:

1. Mendaftar sebagai kontributor: Untuk memulai menjual foto di Shutterstock, Anda harus mendaftar sebagai kontributor terlebih dahulu. Kunjungi situs web Shutterstock dan klik "Apply Now" untuk mendaftar. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang dibutuhkan seperti nama, alamat email, dan data lainnya. Setelah mengisi formulir, Anda perlu menunggu persetujuan dari Shutterstock untuk dapat memulai menjual foto.

2. Persiapkan portofolio fotografi: Setelah mendaftar, Anda perlu mempersiapkan portofolio fotografi yang akan diunggah ke Shutterstock. Pastikan foto-foto Anda berkualitas tinggi, menarik, dan memiliki potensi untuk dijual. Anda dapat mengambil foto baru atau menggunakan foto-foto yang sudah ada di koleksi Anda.

3. Unggah foto ke Shutterstock: Setelah mempersiapkan portofolio fotografi, Anda dapat mengunggah foto-foto tersebut ke akun Shutterstock Anda. Pastikan Anda memberikan judul, deskripsi, dan kata kunci yang relevan pada setiap foto untuk memudahkan klien dalam mencari dan menemukan foto Anda.

4. Menunggu peninjauan: Setelah mengunggah foto, Shutterstock akan melakukan peninjauan terhadap foto-foto Anda untuk memastikan kualitas dan kesesuaian dengan standar mereka. Proses peninjauan ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung pada jumlah foto yang Anda unggah dan waktu peninjauan yang sedang berlangsung.

5. Dapatkan persetujuan dan mulai jualan: Jika foto-foto Anda lolos peninjauan, Anda akan mendapatkan persetujuan untuk menjual foto-foto tersebut di Shutterstock. Foto-foto Anda akan tersedia di platform Shutterstock dan dapat dilihat dan dibeli oleh klien di seluruh dunia. Setiap kali foto Anda diunduh oleh klien, Anda akan mendapatkan royalti atas penjualan tersebut.

6. Tingkatkan penjualan: Untuk meningkatkan penjualan foto di Shutterstock, Anda perlu terus memperbarui dan mengunggah foto-foto baru ke akun Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Shutterstock seperti menambahkan foto ke koleksi eksklusif atau berpartisipasi dalam tantangan fotografi yang diadakan oleh Shutterstock.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan melakukan upaya pemasaran yang tepat, Anda memiliki peluang untuk sukses dalam menjual foto di Shutterstock dan mendapatkan penghasilan dari karya-karya fotografi Anda.

Langkah-langkah untuk Menjual Foto di Shutterstock

cara menjual foto di shutterstock

Jika Anda seorang fotografer yang ingin menghasilkan uang dari karya seni fotografi Anda, Shutterstock adalah salah satu platform terbaik untuk menjual foto-foto Anda secara online. Shutterstock adalah salah satu situs stok fotografi terbesar di dunia yang menyediakan ribuan foto berkualitas tinggi untuk kebutuhan komersial. Dengan menjual foto-foto Anda di Shutterstock, Anda dapat menjadi bagian dari komunitas fotografer yang sukses dan mendapatkan penghasilan tambahan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menjual foto Anda di Shutterstock:

Daftar dan buat akun Shutterstock sebagai fotografer

daftar di shutterstock

Langkah pertama untuk menjual foto di Shutterstock adalah mendaftar dan membuat akun sebagai fotografer. Anda dapat mengunjungi situs resmi Shutterstock dan mengklik tombol "Daftar" untuk membuat akun baru. Isi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan, seperti nama, alamat email, dan kata sandi. Pastikan untuk memilih opsi "Fotografer" saat membuat akun. Setelah selesai, Anda akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun Anda.

Unggah foto-foto berkualitas tinggi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Shutterstock

unggah foto di shutterstock

Setelah memiliki akun Shutterstock, langkah selanjutnya adalah mengunggah foto-foto berkualitas tinggi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan Shutterstock. Pastikan foto-foto yang Anda unggah memiliki kualitas yang baik dan relevan dengan kebutuhan pasar. Shutterstock mengharuskan Anda untuk mengunggah minimal 10 foto untuk memulai menjual foto di platform mereka. Pastikan foto-foto Anda memenuhi persyaratan teknis dan artistik Shutterstock agar dapat diterima.

Berikan deskripsi yang jelas dan relevan untuk setiap foto yang diunggah

deskripsi foto di shutterstock

Setiap foto yang Anda unggah harus dilengkapi dengan deskripsi yang jelas dan relevan. Deskripsi ini akan membantu calon pembeli memahami konten foto Anda dan meningkatkan kemungkinan foto Anda ditemukan oleh mereka. Pastikan untuk menyertakan kata-kata kunci yang tepat dan relevan dalam deskripsi. Misalnya, jika Anda mengunggah foto pemandangan alam, deskripsikan lokasi, tema, warna, dan elemen utama dalam foto tersebut.

Tentukan harga dan lisensi untuk foto-foto Anda

harga foto di shutterstock

Sebelum foto-foto Anda dapat dijual di Shutterstock, Anda perlu menentukan harga dan lisensi untuk setiap foto. Shutterstock menawarkan beberapa jenis lisensi, termasuk lisensi standar dan lisensi perpanjangan. Anda dapat menyesuaikan harga sesuai dengan jenis lisensi yang Anda pilih. Pastikan harga yang Anda tentukan sesuai dengan nilai dan kualitas foto Anda. Shutterstock akan mengambil persentase sebagai komisi dari setiap penjualan foto Anda.

Tunggu proses persetujuan dari Shutterstock

persetujuan foto di shutterstock

Setelah Anda mengunggah foto-foto Anda dan menentukan harga serta lisensi, Anda perlu menunggu proses persetujuan dari Shutterstock. Tim Shutterstock akan melakukan peninjauan terhadap setiap foto yang Anda unggah untuk memastikan bahwa foto tersebut sesuai dengan standar kualitas dan syarat Shutterstock. Proses persetujuan ini membutuhkan waktu yang bervariasi, biasanya antara 24-72 jam. Setelah foto Anda disetujui, foto-foto tersebut akan tersedia untuk dijual di platform Shutterstock.

Dalam menjual foto di Shutterstock, penting bagi Anda untuk mempertahankan kualitas dan keaslian karya seni fotografi Anda. Selalu jaga standar kualitas dan teruslah mengembangkan kemampuan fotografi Anda untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang. Dengan ketekunan dan kerja keras, Anda dapat menghasilkan penghasilan tambahan yang signifikan melalui penjualan foto di Shutterstock.

Tips untuk Meningkatkan Penjualan Foto di Shutterstock

cara menjual foto di Shutterstock

Melalui situs web Shutterstock, orang-orang dapat menjual dan membeli foto berkualitas tinggi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan kreatif. Bagi para fotografer yang ingin menjual foto mereka di Shutterstock, ada beberapa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan penghasilan yang lebih baik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan penjualan foto di Shutterstock.

Riset dan Kenali Pasar Fotografi yang Sedang Tren Saat Ini

riset dan kenali pasar fotografi

Penting untuk melakukan riset dan mengetahui tren terkini dalam industri fotografi. Hal ini akan membantu Anda untuk memahami apa yang paling diminati oleh klien Shutterstock dan jenis foto apa yang memiliki permintaan tinggi. Mengikuti tren dan fokus pada tema yang sedang populer akan meningkatkan peluang Anda untuk menjual foto di platform ini.

Perhatikan Kualitas Foto yang Anda Unggah

kualitas foto yang Anda unggah

Kualitas foto sangat penting saat ingin menjual karya Anda di Shutterstock. Pastikan foto-foto yang Anda unggah memiliki komposisi yang baik, pencahayaan yang tepat, dan kualitas gambar yang tinggi. Gunakan perangkat dan perangkat lunak fotografi yang baik untuk menghasilkan foto-foto yang menarik dan profesional. Semakin baik kualitas foto Anda, semakin besar kemungkinan foto-foto tersebut akan dibeli oleh klien.

Fokus pada Kategori atau Tema yang Diminati oleh Klien Shutterstock

kategori atau tema yang diminati oleh klien Shutterstock

Mengidentifikasi kategori atau tema yang diminati oleh klien Shutterstock adalah kunci untuk meningkatkan penjualan foto-foto Anda. Perhatikan jenis foto apa yang paling sering dibeli oleh orang-orang dan fokuslah pada pengambilan foto dalam kategori atau tema tersebut. Misalnya, jika foto-foto alam atau makanan sangat diminati, Anda bisa memilih untuk mengambil gambar-gambar dengan tema-tema tersebut untuk meningkatkan peluang Anda menjual foto di Shutterstock.

Gunakan Kata Kunci yang Relevan

kata kunci yang relevan

Menggunakan kata kunci yang relevan adalah langkah penting dalam meningkatkan visibilitas foto Anda di hasil pencarian Shutterstock. Ketika mengunggah foto-foto Anda, pastikan untuk memberikan deskripsi yang jelas dan menggunakan kata kunci yang paling relevan dengan foto tersebut. Dengan begitu, foto Anda akan muncul lebih tinggi dalam hasil pencarian, sehingga penjualan dapat meningkat.

Aktif dalam Mempromosikan dan Membagikan Portofolio Anda

mempromosikan dan membagikan portofolio

Untuk meningkatkan penjualan foto di Shutterstock, Anda perlu aktif dalam mempromosikan dan membagikan portofolio Anda melalui media sosial dan jaringan fotografi lainnya. Buatlah akun khusus fotografi di platform-media sosial seperti Instagram dan Facebook, dan bagikan karya Anda secara teratur. Selain itu, ikuti komunitas fotografi dan jaringan profesional untuk meningkatkan visibilitas dan mendapatkan peluang baru untuk menjual foto-foto Anda.

Dengan menerapkan tips ini, Anda dapat meningkatkan peluang penjualan foto Anda di Shutterstock. Rutinlah mengunggah foto-foto berkualitas, menjaga kualitas karya Anda, dan tetap up to date dengan tren terkini dalam industri fotografi. Dengan dedikasi dan kerja keras, Anda dapat meraih kesuksesan dalam menjual foto-foto Anda melalui Shutterstock.

Cara Mendapatkan Pembayaran dari Penjualan Foto di Shutterstock

cara menjual foto di shutterstock

Jika Anda tertarik untuk menjual foto di Shutterstock, ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendapatkan pembayaran dari penjualan foto Anda. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan detail bagaimana cara mendapatkan pembayaran dari penjualan foto di Shutterstock.

Dapatkan penghasilan royalti berdasarkan lisensi yang ditetapkan

royalti

Setiap kali foto Anda terjual di Shutterstock, Anda akan mendapatkan penghasilan royalti sesuai dengan lisensi yang ditetapkan. Shutterstock memiliki berbagai jenis lisensi, seperti lisensi editorial, lisensi komersial, dan lain-lain. Setiap lisensi memiliki aturan dan harga yang berbeda-beda. Sebelum Anda menjual foto di Shutterstock, pastikan Anda memahami jenis lisensi yang ditawarkan dan berapa royalti yang akan Anda terima untuk setiap penjualan.

Hitung penghasilan dan metode pembayaran

pembayaran

Setiap bulan, Shutterstock akan menghitung penghasilan Anda berdasarkan penjualan foto Anda. Penghasilan ini akan dikumpulkan selama satu bulan penuh dan akan dibayarkan pada bulan berikutnya. Anda dapat memilih metode pembayaran yang Anda inginkan, seperti transfer bank atau melalui PayPal. Pastikan untuk memilih metode pembayaran yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kebijakan pembayaran dan batas minimal penarikan dana

kebijakan pembayaran

Penting untuk memahami kebijakan pembayaran Shutterstock sebelum Anda mulai menjual foto. Ada batas minimal penarikan dana yang harus Anda penuhi sebelum Anda dapat melakukan penarikan. Pastikan untuk menyimak dan memahami batas minimal yang ditetapkan agar Anda dapat mengelola penghasilan Anda dengan baik. Shutterstock juga memiliki kebijakan mengenai waktu penarikan dana, jadi pastikan Anda memahami kapan pembayaran akan dikirim ke rekening Anda.

Demikianlah cara mendapatkan pembayaran dari penjualan foto di Shutterstock. Dengan memahami langkah-langkah ini, Anda dapat mengoptimalkan potensi penghasilan Anda dari penjualan foto di platform ini. Jangan lupa untuk terus meningkatkan kualitas foto Anda dan memperhatikan kebutuhan pasar agar foto Anda laris terjual di Shutterstock.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengganti Tema Wordpress Setelah Diunduh

Cara Melihat Pengunjung WordPress

Mengenal Gelar Manajemen Bisnis